Pengalaman mendapatkan kacamata gratis menggunakan BPJS Kesehatan Kelas 3

Setelah sekian lama vakum menulis pengalaman, akhirnya kini saya kembali ke blog curahan hati ini.

Kacamata yang saya pake sekarang sudah usang segi desainnya, maklum framenya belum pernah diganti semenjak kelas 3 SMA (2012) dan juga ditambah penglihatan yang semakin kabur juga mata cepet lelah, akhirnya mulai ada niatan saya untuk periksa ke poli mata di RS.

Setelah konsultasi dengan kakak yang bekerja di RS, saya diberitahu bahwa mulai sekarang BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya jika membutuhkan kacamata. Kebetulan saya punya Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Pemerintah yang merupakan BPJS Kesehatan Kelas 3.

Besoknya, pagi-pagi pukul 8 saya bergegas ke Puskesmas Garawangi untuk meminta rujukan ke Poli Mata RS Kuningan Medical Center. Setelah surat rujukan didapat, saya langsung melengkapi persyaratan untuk mendaftar ke Poli Mata (Fotokopi KIS, KTP, KK, Surat Rujukan asli). Tepat pukul 11 saya langsung pergi ke RS KMC yang jaraknya lumayan dekat dari rumah.

Saya mengambil nomor antrian dan tak berselang lama nama saya pun dipanggil. Langsung saya serahkan berkas2 tadi dan petugas pendaftaran menyuruh saya untuk menunggu di depan ruang Poli Mata. Pukul 11.45, nama saya dipanggil suster untuk pemeriksaan awal.

Di pemeriksaan awal ini saya ditanya terakhir periksa kapan, dan jujur saya gak pernah periksa ke dokter. 3-4 tahun yang lalu juga periksa cuma di optik aja buat pengen tau berapa minusnya. Lalu dilanjut diperiksa dengan mesin, kedua mata saya seolah2 ditembak sinar, masing2 3 kali tembakan tiap mata. Kacamata yang dulu juga diperiksa buat memastikan minus berapa. Habis itu, saya mulai diperiksa manual dengan membaca huruf yang terpampang di layar monitor depan, satu persatu lensa dicoba sampe saya bisa baca huruf yang ditampilkan, akhirnya saya nemu lensa yang cocok dan dipersilahkan untuk dipake jalan2 di sekitar ruangan poli mata dan memang sangat nyaman rasanya sekarang.

Lalu saya dikasih tau bahwa benar BPJS Kesehatan sekarang menanggung biaya bila kita membutuhkan kacamata dengan mengunjungi toko optik terdekat. RS KMC bekerja sama dengan Agung Optikal (Depan Sanggarriang), Kuningan Optikal (Sebelah barat Tamkot, sebelahan dengan Ikhwan Putra), dan Akbar Optikal (Sebelah barat RSUD 45).

Besaran biaya yang ditanggung diantaranya 150 ribu untuk Kelas 3, 200 ribu untuk Kelas 2 dan 300 ribu untuk Kelas 1.

Lembaran yang dikasih oleh suster sebelum meninggalkan ruangan

Setelah itu saya disuruh menunggu lagi untuk diperiksa oleh dokter pada pukul 1. Skip menunggu, akhirnya nama saya dipanggil pukul 2 dan langsung diperiksa oleh dokter.

Pemeriksaan oleh dokter hanya memastikan saja mata saya punya kelainan selain minus ataukah tidak dan alhamdulillah tidak ada. Hasil pemeriksaan menunjukan seperti ini

Pemeriksaan selesai, selanjutnya suster akan memberikan berkas yang nantinya harus diserahkan ke toko optik untuk mendapatkan kacamata. Kali ini, saya disuruh menunggu di depan meja pendaftaran dan tak berselang lama nama saya pun dipanggil dan petugas menyerahkan berkasnya. Selesai pukul 14.30.

Saya lalu pulang untuk istirahat sejenak dan ba’da Ashar saya bergegas ke toko optik di Kuningan.

Pertama saya kunjungi Akbar Optikal, entah mengapa feeling saya udah nggak sreg pas dapet sambutan dari mereka kalo saya butuh kacamata lewat skema BPJS Kelas 3. Padahal bila biaya diatas 150 ribu juga, saya udah nyiapin uang buat cover sisanya. Seolah-olah mereka menganggap saya gak punya uang lagi dan cuma ngandelin dari BPJS. Fix saya langsung pamit.

Kedua saya kunjungi Kuningan Optikal dan akhirnya disini destinasi saya. Setelah pilih frame yang cocok, menyerahkan berkas2 resep dokter dan akhirnya deal gak ada tambahan biaya lagi. Pemiliknya bilang kalo gak selesai besok, paling hari Rabu.

Pas hari Selasa saya hubungi via WA katanya masih nunggu konfirmasi dari BPJS, lalu hari Rabu saya dapet kabar bahwa konfirmasi BPJS sudah oke dan akan segera memasang lensa di frame pilihan saya.

Pukul 1 siang saya dapet kabar bahwa kacamata saya sudah selesai, huuffttt akhirnyaa. Langsung saya pergi ke Kuningan Optikal untuk mengambil kacamatanya.

Kacamata baru saya. Frame & lensanya standar tapi yang penting nyaman buat dipake. Frame nya warna biru tua berbahan plastik lentur.
Tampilan box luar
Eksis dikit sama kacamata baru hahaha. Maafkan ekspresi muka yang gak kekontrol.
Tampilan box dalam.

Saya hitung total hanya 3 hari yang dibutuhkan untuk seluruh proses urus2nya.

Terakhir, semoga artikel acak adul ini bisa menjadi sedikit referensi buat teman2 yang hendak memesan kacamata lewat skema BPJS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s