Pengalaman Tes Psikologi di PT. Angkasa Pura 2

Saya menulis artikel ini selang beberapa jam setelah pengumuman Tes Psikologi/Psikotest di AP2 yang menyatakan perjalanan saya harus terhenti lebih awal dibandingkan 58 orang lainnya (dari sekian ratus orang, saya kurang begitu tau pasti jumlahnya yang ikut tes ada berapa orang)  yang melaju ke tahap FGD di jam selanjutnya, Wawancara Psikolog & TOEIC pada keesokan harinya.

Saya bangga sekali bisa lolos seleksi administrasi di AP2. Awalnya memang melamar kerja ke AP2 sesuatu yang sangat tidak direncanakan, saya tahu info lowongan di AP2 dari seorang sahabat yang memberitahu lewat Whatsapp. Saya coba iseng-iseng melamar, mengisi form registrasi online & mengupload berkas-berkas yang diminta. 

Awalnya saya menyangka seleksi administrasi ini hanyalah suatu formalitas, tapi tidak demikian, justru sahabat saya yang memberitahu info lowongan ini yang gak lolos administrasi, entah kenapa.

Langsung saja biar cepet, ngetik di hp soalnya. Saya mengambil lokasi tes di Bandung tepatnya di Gedung Sabuga Lantai 2. Total durasi yang dihabiskan untuk Tes Psikologi di AP2 itu sekitar 4 jam, saya hitung dari pukul 9 pagi s.d 1 siang. Tesnya macem-macem, saya lupa lagi nama-namanya karena nama tesnya itu adalah nama orang-orang yang menciptakan tes psikologi itu sendiri. Oh iya FYI lembaga yang menyelenggarakan tes psikologinya itu dari FPsi UI, mungkin teman-teman yang belum familiar dengan soal-soal tes dari mereka bisa searching lebih lanjut.

Saya urut dari mulai awal:

Awalnya kita mengisi data diri terlebih dahulu, tapi jangan salah di data diri ini juga sangat detail sampai harus menuliskan gaji dan tunjangan yang diharapkan.

1. Tes melihat kecocokan antara kata-kata di kolom A dan B, jika benar beri tanda “O” dan apabila salah beri tanda “X”. Ada sekitar 20 soal kalo gak salah.

2. Pauli Test atau Tes Koran. Ini tes yg gak asing lagi di tahap psikotest. Menjumlahkan angka-angka dari atas kebawah dan memberi tanda garis di setiap aba-aba yang diberikan oleh penguji.

3. Tes melihat kecocokan gambar. Nah ini yang paling banyak tesnya menurut saya, ada sekitar 2-3 seksi mengenai tes kecocokan gambar dengan nama-nama tes yang berbeda.

4. Tes kepribadian. Tesnya terdiri dari 2 pernyataan sebanyak 90 soal, kita diharuskan harus memilih satu pernyataan saja yang paling menggambarkan diri kita. Harus selesai 15 menit.

5. Wartegg Test, Draw A Person Test, Draw A Tree Test, Tes menulis kepribadian kita.

Waktunya sangat mepet menurut saya, kita diharuskan menggambar 8 gambar yang belum lengkap, menggambar orang dan pohon dalam waktu bersamaan. 

Lalu, ditutup dengan mengisi lembar pernyataan yang terdiri dari kata-kata “Saya Adalah, Saya Ingin, Kelebihan Saya, Kekurangan Saya” masing-masing 5 poin dan memberikan pendapat tentang psikotes yang telah dilaksanakan dari skala Tidak Puas s.d Sangat Puas lalu memberikan alasannya mengapa.

Sebelumnya saya browsing mengenai pelaksanaan psikotest di BUMN khususnya di Angkasa Pura itu seperti apa, ternyata apa yang saya dapatkan di beberapa blog sangatlah berbeda dan hanya beberapa saja yang memiliki kesamaan. Mungkin perusahaan juga menetapkan standar sedemikian rupa supaya selaras dengan apa yang menjadi kebutuhan utama mereka dan di kasus saya, dari 4 posisi yang dibuka, semuanya diperuntukan lulusan teknik (Arsitektur, Sipil, Elektro, Planologi) minimal D3. Saya sendiri dari teknik planologi melamar untuk posisi Infrastructure Technician dan hanya posisi tersebut yang membuka kesempatan bagi lulusan teknik planologi.

Itu saja mungkin dari saya, semoga bermanfaat dan mungkin bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan pembaca blog saya yang berencana melamar ke AP khususnya AP2.

Salam Sukses dan Pantang Menyerah

7 thoughts on “Pengalaman Tes Psikologi di PT. Angkasa Pura 2

  1. halo pak asepgarawangi
    pada saat upload berkas skbn(surat keterangan bebas narkoba),
    berkas tsb harus dari rumah sakit atau bnn?

    Like

      1. Oke mas makasih yah mas atas infonya. Ini sekarang saya di panggil untuk ujian paikotes somga berhasil doain yah mas. 😀

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s