Pengalaman Online Test Rekrutmen Management Trainee PT. INTI Persero

Hari ini saya dapet pengumuman lewat email yang menyatakan saya gagal untuk maju ke seleksi tahap selanjutnya dalam rekrutmen MT PT. INTI. Namun, saya mendapatkan sesuatu yang berharga dari Online Test yang telah saya laksanakan yaitu materi yang diujikan dalam tes tersebut. Saya lihat di internet belum ada yang pernah menulis spesifik tentang Online Test dari PT. INTI, sebelum tes juga saya bingung nanti yang akan mau diujikan apa? Saya mencari-cari di internet tidak ada satupun yang membahas mengenai Online Test ini. Maka dari itu saya akan memberitahu teman-teman yang berniat untuk mendaftar MT di PT. INTI mengenai apa saja yang diujikan dalam Online Test rekrutmen Management Trainee PT. INTI.

PT. INTI Persero adalah sebuah perusahaan telekomunikasi di Indonesia milik BUMN yang bermarkas di Jl.Moch Toha No. 77, Bandung. INTI sendiri merupakan kependekan dari Industri Telekomunikasi Indonesia. PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkomsel berada dibawah naungan PT. INTI. Perusahaan ini merupakan perusahaan kece idaman para mahasiswa lulusan bidang teknik komputer dan telekomunikasi di Indonesia.

Singkat cerita saya mendaftar rekrutmen Management Trainee yang diadakan oleh PT. INTI akhir bulan Juli mengambil bagian Quality and Risk Management. Awal bulan Agustus saya dihubungi lewat email yang menyatakan saya diharuskan untuk mengerjakan Online Test pada tanggal 3 Agustus. Di dalam email tercantum tanggal, waktu, password, dan link untuk mengerjakan tes tersebut, sementara untuk username memakai NIK yang sesuai dengan KTP. Kita tidak bisa mengerjakan tes diluar waktu yang telah ditentukan. Di email tercantum saya kebagian pukul 17.00 – 20.00, sementara pas klik link saya dijadwalkan pukul 17.00 – 19.00. Saya mengambil patokan saja untuk menyesuaikan waktu sesuai link yang diberikan.

Sebelum tes, saya mencari referensi-referensi di internet mengenai tes ini dan ternyata tak ada satupun yang saya temukan, kebanyakan tes justru di PT. Telkom nya. Setelah saya mencari-cari, tiba-tiba saya tertuju di artikel seseorang yang tes kerja di PT. Dannone Indonesia. Dia juga melalui online test pada tahap pertama dan memberitahu yang di tes kan itu seputar psikotes dan bidang yang akan diambil. Oke saya langsung berasumsi bahwa pasti psikotes yang akan diujikan nanti dan untuk tes bidang yang akan diambil sepertinya tidak ada karena ini kan levelnya MT yang kalo kita lulus rekrutmen juga akan diberikan pelatihan sambil bekerja. Setelah itu saya langsung cari-cari referensi psikotes di internet dan coba mengisi beberapa soal. Lumayan buat reminder soal-soal psikotes yang pernah saya kenal. Untuk tes bahasa inggris, mungkin tidak terlalu asing, karena tepat pada saat itu saya lagi giat-giatnya latihan TOEFL.

Sebetulnya waktu sore adalah waktu traffic internet lagi tinggi-tingginya. Saya kebetulan lagi kos di Bandung dan gak tau warnet yang deket dimana dan males banget kalo keluar apalagi macam online test yang pasti butuh banyak konsentrasi. Saya putuskan buat beli paket internet aja buat di modem pake sim yang stabil buat koneksi internet. Oke saatnya tes, jam sudah menunjukan pukul 5 sore. Rentang waktu yang ditentukan sebetulnya tanggung menurut saya karena berpapasan dengan waktu Sholat Maghrib dan Isya. Setelah saya buka soalnya jeng….jeng…jeng… saya scroll kebawah dan mendapati sekitar 30 soal secara keseluruhan dan diberikan waktu total 75 menit. Langsung saya target saja 45 menit untuk menyelesaikan soal-soalnya biar waktu untuk sholat Maghrib gak begitu mepet. Benar saja asumsi saya, materinya adalah hanya BAHASA INGGRIS dan PSIKOTES (walaupun menurut akun resmi medsos PT INTI yang diujikan adalah tentang pengetahuan umum).

Bahasa Inggris

Materi bahasa inggris muncul pertama kali dalam 15 nomor soal pertama, bagi yang tak biasa tes bahasa inggris, mungkin akan sedikit kaget, namun bagi yang sudah pernah tes TOEFL ITP, saya jamin dalam hal pengisian akan lancar karena materi yang diujikan sebetulnya lebih mudah dari level soal TOEFL dalam hal structure, written expression dan reading. Masing-masing punya 5 soal. Jadi tips dari saya biasakanlah dengan soal-soal TOEFL dahulu dan kuasai tenses yang simpel mengenai past, present dan future. Reading hanya 1 konteks bacaan, waktu itu saya dapet topik mengenai cara kerja pengambilan gambar dengan kamera.

Psikotes

Dapat saya asumsikan, mungkin saja kegagalan yang saya alami bermuara dari tes ini. Setelah sekian tahun (terhitung tahun 2013), saya baru disuguhi lagi mengenai soal-soal psikotes. Saya coba menenangkan diri dahulu untuk dapat mengisi soal tanpa terburu-buru. Tes ini berada di urutan 15 nomor berikutnya. Tesnya itu seputar sinonim, antonim, logika matematika, aritmatika, soal cerita, tes gambar, dll. Ada sekitar 2-3 soal per bagian tesnya. Jadi tips dari saya adalah untuk mengantisipasi kekagetan kita terhadap soal, biasakan dulu dengan tipe-tipe soalnya, bisa beli buku Psikotes maupun browsing di internet juga banyak kok sumbernya. Terhitung ada sekitar 3-5 soal yang saya jawab ngarang alias main tembak, karena udah mentok banget nyari konsepnya.

Total waktu saya habiskan sekitar 35 menit + mengoreksi jawaban yang telah dibuat. Setelah itu langsung saya submit dan tinggal menunggu hasil. Galau banget pas nunggu itu, saya kepo langsung liat akun official PT INTI di Facebook dan Instagram dan ternyata menurut mereka pelamar untuk MT saja mencapai puluhan ribu peserta, saya tidak tahu pasti kuota penempatan untuk berapa orang tapi yang pasti, seleksinya sangat ketat sekali.

2 minggu baru dikasih pemberitahuan yang hasilnya menyatkan saya gagal untuk melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. Padahal saya pede untuk bersiap-siap mengikuti seleksi yang akan datang, apa boleh buat, saya belum qualified untuk masuk dalam kualifikasi yang PT. INTI inginkan.

Screenshot_61

Tips untuk teman-teman yang akan melamar, usahakan online test maksimalkan, kalo bisa harus bener semua dari 30 soal tersebut, saya juga masih menyayangkan ketika ada beberapa soal di Psikotes dari hasil nembak yang menunjukan ketidaksiapan saya dalam mengikuti tes tersebut. Jangan lupa juga untuk follow akun resmi PT. INTI Persero di Facebook dan Instagram untuk mendapatkan informasi terkini dan kendala-kendala yang dihadapi sebelum, selama ataupun setelah online test berlangsung.

Kesempatan yang hadir, wajib untuk dicoba. Bagian Quality and Risk Management yang saya lamar ini sebenernya dibuka untuk lulusan dari Manajemen, Teknik Industri dan jurusan Teknik lainnya. Saya mencoba memberanikan diri walaupun bagian yang saya lamar masih terlalu asing bagi saya.

Saya yang notabene merupakan lulusan dari Perencanaan Wilayah Kota, FMIPA Universitas Terbuka walaupun di kampus lain masuk Fakultas Teknik mencoba apply rekrutmen MT ini adalah untuk bisa merasakan atmosfer persaingan untuk mendapat pekerjaan itu seperti apa. Saya jadikan semuanya pembelajaran karena jurusan spesifik yang dibuka untuk lulusan PWK masih sangat jarang (atau hampir tidak ada) dibuka oleh perusahaan-perusahaan bergengsi macam dari BUMN.

Semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat dan semoga kegagalan yang saya alami bisa dijadikan pembelajaran bagi teman-teman semuanya agar tidak mengalami kegagalan yang serupa. Tak lupa, saya ucapkan selamat dan sukses bagi teman-teman yang akan ikut maupun sudah resmi diterima dalam rekrutmen MT PT. INTI Persero.

 

Cheers,

Asep Saepulloh

2 thoughts on “Pengalaman Online Test Rekrutmen Management Trainee PT. INTI Persero

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s