Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang Parabola

Kembalikan lagi pada kebutuhan dan isi kantong

Apabila satelit yang dituju hanya palkom saja, receiver mpeg4 biasa atau maksimalnya yang sudah HD tanpa support acakan tanberg dan powervu sebenarnya sudah lebih dari cukup. Tapi kebutuhan saya tidak cukup hanya itu, saya berencana untuk mencari feed siaran olahraga yang banyak ditayangkan di Asiasat 5 terutama IMG Asia yang memakai acakan tanberg v2, juga menyasar channel Ten 1 HD dan Cartoon Network yang memakai acakan powerVU di satelit Asiasat 7 dengan tanpa menghilangkan tayangan nasional favorit seperti CNN Indonesia, nonton Liga 1 di TVOne dll.

Maka dari itu saya mau pasang 4 LNB sekaligus dalam 1 Dish yang berukuran 7 feet. Nah sudah jelas kan kebutuhan saya seperti apa, receiver ini saya nilai mampu mengakomodir kebutuhan bahkan lebih dari cukup bagi saya bila hanya memang menembak palkom, ass 5 & 7 saja. Mungkin kebutuhan ini berbeda jika teman-teman berencana untuk menembak satelit yang pelit sinyal di arah barat seperti intelsat 20, alat tempur yang dibutuhkan juga harus mantap tentunya terutama pemilihan dish dan LNB.

Untuk pemilihan LNB, saya menjatuhkan pilihan pada LNB mini merk Matrix 4 buah yang sudah fullset, saya dapet harga include ongkir itu 155 ribu. Saya masih mempertimbangkan faktor harga, karena saya ingin menekan harga seminimal mungkin. Saya kira pemilihan LNB ini cukup bila hanya menangkap 4 satelit terdekat saja, walaupun Sq yang dihasilkan tidak begitu sempurna, minimalnya cling lah, semoga saja.

Selanjutnya untuk pemilihan dish dan tiang, setelah saya berpikir bahwa kalo beli online akan berat di ongkir, untuk hal ini saya pasrah untuk membelinya lewat offline. Setelah saya tanya-tanya, ada yang murah juga ternyata, merk Venus Al7210 7 feet + tiang fokus 350 ribu, merk Paragon 10 feet + tiang fokus 475 ribu. Tiang yang 1,5m harganya 50 ribu. Sayang, karena keterbatasan dana, pembelian dish + tiang masih saya pending.

Oke sekian dulu cerita saya, maafkan kalo ceritanya masih rancu, nulisnya masih belajar, yang terpenting adalah semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s