Dari Galih Faturahman

Tidak sengaja membuka pesan di facebook lewat telusur profil teman. Saya tahu sebelumnya bahwa saya dan dia memiliki history chat karena memang rasa-rasanya saya pernah menanyakan sesuatu atau sekedar ngobrol saja, ehh tau-taunya saya yang cenderung SKSD dengan memulai obrolan terlebih dahulu ternyata hehehe. Dia kuliah di Universitas Padjadjaran mengambil jurusan Ilmu Komputer. Saya tiba-tiba terlempar ke masa-masa kelas 3 SMA dulu yang memang masih bimbang dalam pemilihan kampus negeri dan jurusannya.

Singkat cerita saya menanyakan motivasi dia untuk belajar dan meneruskan pendidikan tinggi negeri karena memang sama almamaternya, SMAN 1 Garawangi jadi saya sangat tertarik untuk menggali informasi darinya. Dia mengungkapkan bahwa motivasinya tersebut karena menyukai tantangan, biayanya yang murah dibandingkan swasta dan juga jangan pernah mengabaikan atau berlebihan dalam memandang saingan, karena saingan itu dulu dan sekarang gak bakal ada habisnya.

5 tahun berselang, ternyata wejangan seperti ini menjadi kekuatan tersendiri untuk dapat terus menghidupkan mimpi-mimpi saya. Nasihat kecil yang ternyata kalau ditelisik lebih dalam mempunyai makna yang luar biasa.

INTERPRETASI PRIBADI:

Sebelum kita berperang, perlu ditekankan bahwa memang kita harus memiliki mental pejuang dengan segala persiapan akan tantangan yang bakal dihadapi. Sikap mengabaikan dan berlebihan terhadap memandang saingan juga menjadi langkah yang memang membentuk persepsi buruk terhadap orang lain. Persaingan dulu dan sekarang memang tidak ada habisnya, kita tidak bisa menghindar dari persaingan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah mematangkan persiapan kita. Sebisa mungkin kita bersiap akan kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi, mempersiapkan skenario baik dan buruk dan take action langkah apa selanjutnya yang akan diambil oleh kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s